Selasa, 29 Maret 2016

Elisa Koraag; Si Nyonya Bawel Yang Menggoda

Elisa Koraag, Blogger Senior


Tergoda? Iya.
Sebenarnya saya belum pernah mengenalnya. Melihat namanya saja baru satu bulan ini, semenjak bergabung dalam satu grup Arisan Link Kelompok 1. Ketika namanya disebut sebagai pemenang arisan, barulah saya disajikan beraneka blog yang dimilikinya. Mulai dari berplatfrom blogspot, kompasiana, blogdetik, bahkan Indonesiana. Namun, ada satu blog yang langsung menarik perhatian saya. Nyonya Bawel. Begitu melihat blog ini  barulah hati  mulai tergoda mencari tahu lebih banyak tentang dirinya.

Elisa Koraag, ibu 2 anak yang mulai mengesahkan diri menjadi full time mom di tahun 2011 dan full time blogger di tahun 2012. Namun, saya sendiri belum sempat menanyakan kapan si Nyonya Bawel disahkan. Sepertinya sudah cukup lama. 

Tadinya saya berpikir Bunda Elisa seumuran kakak pertama saya, yah sekitar 35 gitu. Namun, setelah membaca profilnya, asli saya terkaget-kaget. Tidak disangka, wajahnya yang selalu segar dan menampilkan keceriaan itu mampu menutupi usianya yang ternyata sudah mencapai 50 tahun ( setengah abad, guys) . Kesederhanaan yang dimilikinya itulah yang membuat dia selalu terlihat lebih muda. Beliau tetap mempunyai semangat berkarya. Buku Sketsa Sebuah Senyum, yang berupa kumpulan puisi menjadi buku solo yang ia terbitkan sebagai penanda usia ke 50 tahun.

Entah kenapa, awalnya saya merasa minder. Saya sebagai blogger pemula berkesempatan mengkaji sosok si blogger senior ini. Beliau selalu aktif dengan berbagai kegiatan yang bekerjasama dengan para blogger. Jadi ingat, saya sempat mendaftarkan diri mengikuti acara sosialisasi dari Kemenkes tanggal 22 Maret 2016 kemarin, tetapi karena sesuatu hal saya tidak bisa menghadirinya. Hati kecil sangat menyayangkan, “Yah…ngga jadi deh ketemu sama Bunda Elisa.” Upss, lebih semangat mana ya, ketemu beliau atau ikut sosialisasi dari Kemenkes nya? J

Beliau sudah mempunyai banyak pengalaman di dunia kepenulisan. Sejak kuliah ia sudah bekerja sebagai reporter freelance di beberapa tabloid dan majalah. Kemudian bekerja di Radio Pesona FM Jakarta selama 10 tahun, dan terakhir bekerja di perusahaan penelitian sosial, politik dan marketing selama 7 tahun. 

Ingin mengenal Bunda Elisa lebih jauh? Sok atuh, kunjungi blognya, atau bisa juga kontak beliau lewat akun media sosial ini ;
  • Instagram: @elisakoraag
  • G+: Elisa Koraag
  • Twitter: @mamavanenbas
  • Email: elisa201165@gmail.com

Minggu, 20 Maret 2016

Lakukan Cara Ini Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Anak

Meningkatkan Semangat Belajar Anak



Kesulitan terbesar yang sering dialami setiap orang tua adalah bagaimana cara meningkatkan semangat belajar anak. Terkadang kita merasa tidak mampu untuk menarik semangat mereka dalam belajar. Tiap anak mempunyai keunikannya masing-masing. Ada yang mau belajar atas inisiatif sendiri, dan ada juga yang mau belajar dengan sedikit paksaan terlebih dahulu.

Tentu saja kita tidak ingin kegiatan belajar menjadi suatu beban bagi anak kita. Ibaratnya, belajar adalah kerja rodi. Harus menguras tenaga dan pikiran. Bahkan hati. Jika hati tidak ingin belajar, mereka harus memaksakan agar  tetap ‘mau’. Alhasil, aktivitas belajar menjadi tidak maksimal, dan bisa menyebabkan stress pada anak.

Disinilah kita harus mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi anak. Saat mereka merasa senang, mereka akan lebih mudah menyerap ilmu. Biarkan mereka belajar dengan kesenangan mereka.

Ketahui Minat Anak
Terkadang kita lupa apa yang menjadi minat anak. Ketahui mata pelajaran apa yang paling mereka sukai. Ajak dia sesering mungkin mempelajarinya. Sesekali selingi mata pelajaran yang lain. Perlahan – lahan mulailah untuk munumbuhkan minatnya dengan mata pelajaran yang lain juga.

Belajar Sambil Bermain
Belajar sambil bermain bisa meningkatkan semangat belajar anak. Permainan bisa disesuaikan dengan minatnya, misalnya suka bernyanyi. Ganti lah lirik lagu yang menjadi kesukaannya dengan materi yang dipelajari. Bentuk menjadi rangkaian lagu dengan irama yang mudah. Ajak anak bernyanyi disaat main bola di halaman, misalnya.

Target Dan Hadiah
Setiap anak paling senang jika diberi hadiah. Berikan dia tantangan. Jika anak kita bisa mendapat peringkat sekian, maka akan diberikan hadiah. Tetapi, jangan janjikan hadiah yang terlalu tinggi harganya. Sesuaikan dengan kondisi ekonomi kita. Mereka justru menjadi tidak semangat jika kita mengingkari janji.

Ingin anak kita rajin belajar dan mendapat prestasi di sekolah? Lakukanlah 3 cara diatas. Biarkan anak kita menikmati dunianya dengan melakukan apa yang disukai.
Semoga bermanfaat, ya J

Senin, 14 Maret 2016

Kenalan, Yuk! Si Penulis Cerpen Anak, Hairi Yanti

Cerpen Anak Majalah Bobo -- Karya: Hairi Yanti


Sudah pernah baca Majalah Bobo? Uupss, sepertinya pertanyaan harus diganti, nih. Sudah berapa kali kamu membaca majalah Bobo?

Wah kalau itu mah ngga kehitung lagi, yak. Banyak. Dari zaman putih merah dulu, sampai sekarang saya sudah punya seorang putra, majalah Bobo tetap jadi andalan. Dari satu dekade ke dekade berikutnya. Diawali dari membaca majalah Bobo inilah kegemaran saya di dunia menulis muncul. Impian kecil saya dulu, bisa mengirimkan naskah cerita ke majalah Bobo. Sampai alamat redaksinya pun masih menempel dalam ingatan saya.

Berbicara tentang majalah Bobo, tak lepas dari berbicara soal cerita anak. Ya, si penulis harus mampu mengemas seunik mungkin untuk menarik minat anak dalam membaca. Ah, kalau  ini mah sudah saya coba dari dulu. Tapi saat itu belum ketemu soul nya kali ya? Hihii… Apalagi kita harus mampu menghasilkan cerita yang mudah diserap dan dimengerti oleh anak.




Beruntung bisa kenal dengan satu sosok yang sudah sangat matang dalam membuat cerpen anak ini. Hairi Yanti, pemilik blog dengan tagline Sepinggan Kata, Selaksa Rasa ini sudah banyak menghasilkan cerpen anak yang dimuat di majalah Bobo. Menghibur dan mendidik itulah ciri khasnya. Karena untuk membuat cerpen anak, kita harus pintar dalam memilih kata. Jangan sampai pesan moral disalah artikan oleh anak, dan mempengaruhi pola pikirnya di masa yang akan datang. Tetapi ditangan seorang Hairi Yanti, hal ini tidaklah begitu sulit.


Penasaran? Ayok atuh kepoin blog pribadinya di www.hairiyanti.com. Disana kamu akan merasa tenang karena banyak disajikan dengan cerita anak. Boleh, sambil duduk di depan layar komputer, ajak anak belajar dengan membaca cerpen yang ada di dalamnya. Dan kamu juga bisa menikmati sajian menu kuliner yang menjadi kegemaran beliau. Mmm….yummyy… :D







Kecintaannya kepada buku bisa kita lihat dengan banyaknya buku yang sudah di review. Bisa tanya beliau nih buat yang suka berburu buku baru. Hahaa.. Apalagi kalau ada buku baru dari penulis favorit, pasti langsung diserbu. Membaca adalah modal utama seorang penulis. Jadi tak heran kalau beliau sudah banyak menghasilkan tulisan di beberapa media. Yah, buku pun semakin lama semakin menggunung.

Semua karya yang dihasilkannya tak lepas dari dukungan keluarga dan sang suami tercinta. Setiap muncul keinginan untuk membeli buku, sang suami langsung berkata, “Beli saja”. Waw!! Menyenangkan bukan?

Penasaran dengan  penulis yang berasal dari Kalimantan Timur ini? Beliau dengan senang hati menerima salam sapa dari siapa saja. Silahkan follow akun twitternya @yant165 dan instagram @hairiyanti.

Mba Hairi Yanti, boleh dong bagikan tipsnya supaya bisa menulis cerpen anak yang bagus J



Minggu, 13 Maret 2016

3 Langkah Mudah Memulai Bisnis Online




sumber : www.meningkat.com


Paling sedih itu kalau akhir bulan keuangan sudah menipis. Satu minggu lagi baru gajian tapi stok di dompet hanya cukup untuk uang makan saja. Masih untung bisa dipakai buat uang makan selama seminggu. Kalau tidak, apa kamu harus mau berpuasa sampai gajian tiba? Bagaimana kalau misalnya minyak motor habis, atau tiba-tiba ban motor pecah dan harus ganti baru? Rasanya sungguh menyedihkan. Belum lagi ada janjian jalan bareng teman. Hugh, ngga enak banget kan, teman-teman kamu lagi kumpul bareng sementara kamu cuma mengurung diri di rumah. Mau bernafas saja rasanya susah, apalagi mau keluar rumah. Tutup mata rapat-rapat kalau begini ceritanya.

Saya juga pernah mengalaminya. *pasang emoticon berurai air mata*

Kondisi seperti ini memang harus dinikmati. Disaat sulit seperti inilah kita ditantang untuk bangkit. Mencari tahu bagaimana cara mendapatkan uang tambahan. Mengharapkan gaji kantor saja tidak cukup rasanya. Awal bulan makan ayam goreng, eh akhir bulan mie instan pun tidak sanggup di beli. Ini mah sudah parah banget ya? Hihiii..

Salah satu cara untuk mendapat penghasilan tambahan adalah dengan berbisnis online. Tentu bukan hal yang baru lagi bagi kita. Bisnis online merupakan salah satu dari perubahan perilaku manusia. Masyarakat diberikan kemudahan untuk melakukan transaksi jual beli hanya dengan menggunakan media digital. Cukup dengan posting foto produk yang mau dijual, duduk tenang sambil menunggu ada yang order, setelah itu tinggal kirim. Pasti pada mau kan?

Tidak jarang saya menerima banyak pertanyaan dari beberapa orang teman tentang bagaimana langkah awal memulai bisnis online.

“Pengen punya gaji tambahan dengan bisnis online karena gaji suami tidak cukup untuk memenuhi nkebutuhan rumah tangga selama sebulan. Tapi bagaimana?”

“Saya mau punya online shop, tapi apa yang harus saya kerjakan?”

“Jualan online itu susah ngga, ya?”

Kadang merasa lucu kalau sudah mendapat pertanyaan seperti itu.

Lha, emangnya saya sudah punya bisnis online yang omzet nya sampai puluhan juta? Saya juga baru memulai. Mana belum balik modal. Aihh.. Trus, bagaimana dong? Learning by doing, itu yang saya lakukan selama ini. Selama bisnis online berjalan, saya tidak menutup diri untuk menambah ilmu. Mempelajari hal-hal baru sambil bertanya dengan Mbah Google, bahkan sampai ikut training online pun saya lakukan.

Jadi, apa sebenarnya yang harus kita lakukan untuk memulai bisnis online?

Tentukan Minat / Passion Kamu

Ini menjadi poin utama. Berbisnis online tetapi tidak sesuai dengan passion kita pasti rasanya hambar. Segera tentukan minat kamu di bidang apa. Misalnya, nih, kamu paling suka dengan tas, sepatu, kebaya dan songket, atau jam tangan. Setelah itu, kamu tentukan apa yang akan kamu jadikan bisnis. Suka dengan tas branded, silahkan cari info sebanyak-banyaknya mengenai itu. Suka dengan kebaya dan songket, silahkan berburu ke Tanah Abang atau mendatangi pengrajinnya. Suka dengan sepatu, silahkan cari tahu distributor terpercaya. Nah, bisnis yang paling menyenangkan yang sesuai dengan minat saya misalnya, yaitu bisnis produk kecantikan. Oriflame. Kamu tinggal tanya ke saya bagaimana caranya, gampangkan? Yuk, kepoin facebook saya, Anita Carolina Tampubolon atau tinggalkan pesan disini. Hihii…

Serius

Fokus dan tetap serius menjalankannya. Kalau orderan masih sedikit, jangan patah semangat. Satu bulan belum dapat orderan, artinya kamu harus meningkatkan teknik berbisnis online. Selalu haus akan ilmu. Jika ingin bisnis online bertahan, ya, serius menjalankannya dengan berburu ilmu bisnis atau mencari mentor bisni.

Berdoa

Selalu doakan setiap target yang ingin kamu capai dalam berbisnis online. Kekuatan kita terbatas. Serahkan sama Yang Maha Kuasa yang memiliki kekuatan tanpa batas.

Bagaimana? Siap untuk memulainya, bukan? Yuk, tarik napas dalam, keluarkan perlahan. Tetaplah relaks. Tidak ada yang susah selagi kita mau berusaha.

Semoga tidak takut lagi, ya, kalau akhir bulan sudah tiba. Selamat mencoba, ya. J



Jumat, 11 Maret 2016

Perempuan, Hati-hati dengan Infeksi Saluran Kemih

sumber: http://obattradisionalsistitis.blogspot.co.id/




Apakah kamu pernah mengalami gangguan saat buang air kecil? Misalnya, nih,  terasa nyeri  dan yang keluar hanya sedikit, sementara kamu masih merasa ingin buang air kecil. Atau sering disebut juga anyang-anyangan. Gangguan ini tentu saja menimbulkan ketidaknyamanan. Bahkan, dapat menggangu konsentrasi kamu di tengah kesibukan kerja. Baru saja keluar dari kamar mandi, beberapa menit kemudian harus masuk lagi. Rasanya masih ada yang menggantung dan tertahan. 

Keadaan ini menunjukkan adanya infeksi pada saluran kemih. Infeksi ini terjadi ketika bakteri E.Coli menyerang bagian dari sistem perkemihan, yaitu uretra dan kandung kemih.  Bakteri E.coli yang hidup di dalam usus dan di sekitar anus ini akan masuk kedalam saluran uretra. Dan bahkan bisa sampai ke ginjal. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya membersihkan daerah kelamin saat selesai buang air kecil atau buang air besar.

Faktanya, kaum perempuan lebih banyak terkena infeksi  saluran kemih. Hal ini disebabkan ukuran saluran kemih atau disebut juga urethra pada perempuan lebih pendek dibanding laki-laki. Disinilah kita diharuskan untuk lebih hati -hati. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kaum laki-laki untuk tetap waspada.

Apa yang dilakukan jika mengalami gangguan seperti ini? Kamu bisa minum parasetamol jika nyeri masih terasa. Untuk tindakan selanjutnya segera periksakan ke dokter. Tenang saja, disana kamu tidak di apa-apain kok. Paling juga stetoskope yang di tempelin di dada kamu. Setelah itu barulah disarankan cek urine untuk melihat berapa banyak jumlah bakteri yang ada dalam urine. Normal bakteri  urine pada perempuan sekitar 0-130,7/uL sementara pada laki-laki 0-26,4/uL. Jangan sampai lupa ya.

Kalau sudah terlanjur membiarkan bakteri dalam saluran kemih, jangan khawatir, mulailah untuk menjaga kebersihan alat kelamin. Bagi yang belum terkena infeksi, tetap lakukan tindakan pencegahan. Gampang saja, kamu harus menjaga agar daerah kelamin tidak basah dan lembab. Setiap selesai buang air segera dilap kering. Biasakan untuk mengganti pakaian dalam minimal 2 kali sehari. Yang terpenting adalah perbanyak minum air putih. 

Yuk, mulai memperhatikan kebersihan alat kelamin. Bersih iya, sehat iya, kerjaan pasti lancar. 


Rabu, 09 Maret 2016

Mencintai Secara Sempurna

Tulisan ini dibuat pada tanggal 01 Mei 2006. Ketika masih duduk di bangku SMA. Sengaja ditulis untuk dijadikan bahan renungan. Target pembaca sih, anak muda. Setelah menikah, rasanya suka senyum sendiri kalau membaca tulisan ini.

Semangat menulis membuat saya menghasilkan beberapa naskah yang bisa dijadikan bahan renungan. Salah satunya akan saya bagikan.

====

"Cinta yang sesungguhnya adalah bagaimana mencintai orang yang tidak sempurna secara sempurna."

Mencintai seseorang secara sempurna artinya mencintai dengan segenap hati dan tanpa syarat. Orang yang mencintai tanpa syarat akan tetap mencintai meskipun ia tahu bahwa ada kekurangan di dalam diri pasangannya.

Saya termasuk orang yang selektif. Sama seperti yang lain, saya juga membuat beberapa karakteristik cowok idaman. Misalnya, pengen punya cowo ganteng dan berpenampilan menarik. Hayoo..yang lain juga pada mau, kan? Trus, pengen punya cowo tajir, gaul, cool, putih, tinggi, sporty, de el el. Semua karakteristik yang dibuat mengacu pada kesempurnaan. Yaitu menginginkan sosok sempurna dan menjadi seorang hero bagi kita.

Tetapi pada kenyataannya, tidak ada orang yang mendapat pasangan sesempurna yang diidamkannya. Pasti ada saja kekurangan yang muncul dari sosok pasangannya. Apakah itu dari segi penampilan atau sifat. Misalnya, terlalu pendeklah, kurang handsome lah, kurang keren lah, kurang perhatian lah. Ada sebagian orang yang mau menerima kekurangan itu karena mereka sadar tidak ada yang sempurna. Tetapi ada juga yang pengen dapat yang sempurna. Nah lho?

Seharusnya kita sadar dong, yang sempurna itu cuma ada satu. Tiada duanya. Allah, ya, Dialah yang sempurna di dunia ini. Sebagai seorang Kristen, seharusnya yang menjadi patokan utama dalam mencari pacar atau pasangan adalah keimanan. Seiman ngga dia dengan kita? Bukannya malah menilai seberapa ganteng kah dia? Seberapa cantik kah dia? Sehingga saat kita tau kalau dia mempunyai kekurangan, kita jadi ilfeel melihatnya.

Tetapi lain halnya jika yang kita patokkan lebih awal adalah keimanan. Dalam II Korintus 6:14 dikatakan, "Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya." Kita diajarkan untuk mencintai dengan tulus, memilih pasangan yang seimbang yang sesuai dengan iman kita.

Dengan demikian, kita menjadi lebih mengandalkan Tuhan, sehingga kita diberikan hati yang tulus untuk menerima kekurangan orang lain. Bukankah diri kita sendiri mempunyai kekurangan juga? Nah, untuk apa coba kalau kita menuntut kesempurnaan dari orang lain? Kekurangan-kekurangan yang ada inilah yang nantinya akan mempersatukan kita untuk saling melengkapi. Sehingga kita tetap berusaha dengan sempurna mencintai dia.

"Sebab itu terimalah satu akan yang lain,sama seperti Kristus juga, telah menerima kita untuk Kemuliaan Allah" (Roma 15:7)

Roller Coaster Pertamaku

Giovani dan Roller Coaster

Hari libur tiba, waktunya untuk bersenang-senang. Kira-kira seperti itu yang ada dalam pikiran kita. Sama, saya dan keluarga juga selalu berusaha memanfaatkan hari libur dengan moment yang menarik. Bersenang-senang iya, berkualitas iya.

Salah satu yang kami lakukan di hari libur kemarin adalah nge mall. Haha… Ini liburan yang menyenangkan tentunya. Membawa putraku, Gio, ke tempat ramai, untuk pertama kalinya. Tanggal 5 Maret 2016 kami menghabiskan waktu di Botani Square Bogor. Perjalanan yang kami tempuh sekitar 45 untuk sampai di tujuan.

Tak usah diragukan lagi, putraku langsung tertawa dan meliuk-liukkan badannya melihat keramaian disana. Rasa girang tampak dari wajah lucunya. Kelihatan kan kalau selama ini cuma papa dan mama nya saja yang tampak di depan mata. Ya, paling beberapa orang terdekat juga sudah sering berinteraksi dengannya. Namun untuk ukuran nge-mall ditambah lagi weekend, jangan ditanyakan lagi berapa banyak orangnya. Satu RT kayaknya lebih, deh. J

Sambil menikmati keramaian, kami membawa Gio ke Giant yang ada di mall tersebut. Trolley belanja pun segera diambil. Tanpa berpikir panjang, Gio langsung kami naikkan ke trolley belanja. Cihuuii…dia pun semakin kegirangan didorong kesana kemari. Tepat seperti naik roller coaster sungguhan. Melintasi celah yang ada, upss…semoga tidak ditangkap satpam,ya, Nak. Tawa terpingkal-pingkal menghiasi liburan hari itu.

Sederhana. Tapi semakin indah sejak Gio merasakan naik di roller coaster mini miliknya. J

Minggu, 06 Maret 2016

Periode Emas, 1000 Hari Pertama Kehidupan

1000 Hari Pertama Kehidupan


Siapa yang tidak bahagia memiliki anak yang tumbuh dengan sehat dan cerdas. Menang dalam setiap kompetisi, memiliki nilai akademis di atas rata-rata, dan mampu berinteraksi dengan baik di lingkungan sosial. Semuanya tidak terlepas dari peran orang tua  memberikan perhatian lebih pada tumbuh kembang anak.

Sudahkah kita menyadari kapan waktu yang tempat dalam memberikan perhatian lebih pada tumbuh kembang anak?

1000 Hari Pertama Kehidupan merupakan periode emas yang harus dimanfaatkan setiap orang tua. Mengapa? Karena di masa inilah terjadi penurunan status gizi anak. Menurut penelitian, penurunan status gizi yang paling tajam terjadi sampai usia 12 bulan, dan semakin melambat di usia 18-19 bulan. Dengan pemberian nutrisi yang baik di masa ini maka penurunan status gizi anak dapat dicegah lebih awal.

Adapun titik kritis yang perlu di perhatikan dalam periode pertumbuhan anak adalah

Saat dalam kandungan (280 hari)
Pada masa ini, ibu hamil harus makan makanan yang bergizi. Banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Rutin melakukan pemeriksaan hamil dan mendapat suplemen tambahan yang diberikan oleh tenaga kesehatan.

Umur 0-6 bulan (180 hari)
Inisiasi Menyusui Dini harus didapat setiap bayi baru lahir. Dukungan dalam pemberian ASI Ekslusif merupakan kunci sukses.

Umur 6-8 bulan (60 hari), umur 8-12 bulan (120 hari), dan umur 12-24 bulan (360 hari)
Sebagai orang tua kita harus mengetahui jenis dan frekuensi pemberian makanan yang tepat sesuai usia anak.

Disinilah kesempatan kita untuk memenuhi kecukupan gizi anak. Periode ini tidak akan datang dua kali, jadi harus kita manfaatkan sebaik mungkin.

Jumat, 04 Maret 2016

Salam Sapa



Hai Dears,
Selamat berkunjung di blog Anita d'Caritas. Disini tempat kita untuk saling berbagi. Tentang apa? Berbagi KASIH, berbagi SUKACITA. Wow keren, kan..?!

Sebagai seorang ibu yang suka menulis, saya berusaha memaksimalkan bakat dan minat saya dengan rajin menoreh catatan di blog saya ini. Ala bisa karena biasa, bukan? Menulis tentu bukan hal yang sulit bagi sebagian orang. Tetapi untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas, kita perlu banyak berlatih.

Sejak pendidikan akademis saya selesai, saya mulai bekerja di klinik dan rumah sakit. Memberikan pelayanan kepada ibu dan anak. Bekerja dalam menangani kasus kebidanan. baik secara fisiologis maupun patologis, sudah menjadi aktivitas rutin saya. Semua dilakukan dengan setulus hati dan berupaya semaksimal mungkin demi mengurangi angka kematian ibu dan anak.
Waw..!! 

Aegroti Salus Lex Suprema
Keselamatan pasien adalah hal yang utama.
Yes! Ini amanat penting yang selalu saya pegang. Tidak memandang tingkat sosial, ras, atau golongan. Pelayanan kesehatan terbaik wajib diterima oleh siapapun.

Hal yang ngga boleh ketinggalan adalah tekad untuk memiliki bisnis. Mengembangkan bisnis tentunya harus disesuaikan dengan minat kita. Sebagai perempuan yang suka nangkring di depan kaca, Oriflame adalah bisnis andalan saya. Oriflame menghadirkan produk kecantikan yang sudah disukai banyak orang. Termasuk saya, yang telah bertahun-tahun menggunakannya. Yah, suka dengan produknya, suka juga dengan bisnis nya.

Satu lagi, bisnis di dunia penulisan. Berkat ilmu yang saya dapat di kelas penulisan, Sekolah Perempuan, saya mendapat beberapa pesanan artikel dan jasa copywriting. Perlahan, saya akan menerbitkan buku fiksi ataupun nonfiksi dalam waktu dekat. Plisss doanya, ya. As soon as possible.

Saya sangat bersyukur mempunyai suami yang baik, Thamrin Gultom, yang selalu mendukung apapun cita-cita saya. Bimbingan dan motivasinya selalu menjadi alasan saya untuk menekuni bisnis kece ini. Hihiii.. Yang awalnya saya gaptek tingkat internasional, berkat bantuan suami yang basicnya Teknik Informatika, saya pun mulai mengerti trik trik di dunia digital ini.

Ya, semua bisa dilakukan asal kita mau. Mau belajar dan mau memulai. Go Action!!! Dan semua kerja keras ini untuk suami dan putraku tersayang, Giovani Gilbert Gultom. Big hug and more kiss kiss kiss for you.

Terakhir, selamat menyeruput ilmu disini, ya. Semoga menjadi sarana untuk menambah wawasan dan semangat buat para perempuan.


Salam Kasih dari saya, Anita Carolina Tampubolon.